Senin, 05 Februari 2018

Langkah - Langkah Membuat Keripik Gayam

Snack curah, distributor snack curah, grosir snack curah, supplier snack curah, agen snack curah, jual snack curah, reseller snack curah, harga snack curah, snack curah murah, dropship snack curah, pabrik snack curah, toko snack curah, harga grosir snack curah.
Gayam memang bukan makanan yang umum dikonsumsi saat ini, dikarenakan pohon gayam yang sulit untuk ditemukan. Makanan atau camilan yang cukup populer dari olahan gayam ini salah satunya adalah keripik gayam. Membuat keripik gayam ini susah susah gampang jadi anda harus sabar dan telaten yaa dalam membuat keripik gayam, karena prosesnya mempengaruhi rasa dan tekstur dari keripik gayam itu sendiri. Langsung ajah kita simak bareng yukk...

Bahan - bahan keripik gayam
- Buah Gayam (yang sudah dikupas dari kulit utama atau kulit luar)
- Bawang Putih
- Garam
- Penyedap rasa secukupnya
- Minyak Goreng

1. Kupas dan bersihkan gayam dari kulit ari-nya. Ini mungkin akan membutuhkan waktu yang lumayan lama, karena terkadang gampang dikupas, tapi tak jarang pula kulit arinya itu sangat nempel sehingga butuh kesabaran dan ketelatenan.
Setelah dikupas langsung masukkan ke dalam air, untuk menghilangkan sebagian getahnya. Dan agar warnanya tidak menjadi kehitaman.
2. Cuci sampai bersih 2 hingga 4 kali, gayam yang telah dihilangkan kulit arinya. Lalu selanjutnya proses pencucian, kali ini untuk menghilangkan getah yang menempel pada gayam. Setelah dicuci jangan ditiriskan, tapi rendam kembali dalam air.
3. Iris gayam tipis-tipis, lalu masukkan ke dalam air. Ingat, segera masukkan ke dalam air (direndam). Proses ini juga agak lama karena dilakukan secara manual. Biasanya, irisan dalam bentuk lebar-lebar (menggunakan mesin). Tapi kalau secara manual lebih mudah mengiris secara melintang hasilnyapun kecil dan sesuai selera.
4. Jika sudah selesai mengiris semua gayam , cuci kembali hingga bersih. Getah gayam ini memang cukup banyak, jadi harus dicuci berkali-kali agar bersih karena nantinya akan mempengaruhi rasa ketika sudah dimasak.
5. Setelah itu rendam gayam dalam bumbu halus dari bawang putih, penyedap rasa dan garam hingga 30 menit sampai satu jam.
6. Goreng gayam dalam minyak goreng yang banyak dan dengan api yang sedang. Aduk terus selama penggorengan, jika warnanya sudah kecoklatan dan terasa ringan saat diaduk, angkat gayam dan tiriskan.
7. Keripik Gayam siap dinikmati ..

Kunjungi juga artikel cara membuat Keripik Tempe yang enak dan renyah DISINI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar